Rabu, 12 Agustus 2009

Shollad [Pengayaan]


BIASAKANLAH UNTUK JUJUR

Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Senantiasalah dengan jujur karena jujur itu akan membimbing ke arah kebajikan, sedangkan kebajikan itu akan membimbing ke surga. Sesungguhnya sesorang yang berbuat jujur sampailah di sisi Allah ditetapkan sebagai orang jujur. Jauhkanlah sifat dusta karena dusta itu akan membimbing ke arah perbuatan dosa/curang. Sedangkan dusta itu membimbing ke neraka. Sesungguhnya seseorang berbuat dusta sampailah di sisi Allah ditetapkan sebagai pendusta." (HR. Bukhari dan Muslim)

Agar selalu mendapat perlindungan Allah dari perbuatan yang tercela, kita biasakan untuk senantiasa berbuat jujur. Kejujuran membuat kita mempunyai banyak teman, dipercaya orang lain, serta mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Sebaliknya, dengan berbuat curang, kita akan dijauhi oleh teman, tidak dipercaya oleh orang lain, dan diakhirat akan mendapat siksa dari Allah swt.

Allahu a'lam bish-showab. Amin.
=========================

* MUTIARA HADITS *

Sahabat Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa menolong orang mukmin dari suatu kesusahan di dunia, Allah swt akan menghilangkan baginya kesusahan kelak di hari Kiamat. Barangsiapa menutupi cela/aib orang mukmin, Allah juga akan menutup cela/aib dirinya di dunia dan di akhirat."

"Barangsiapa memudahkan orang mukmin yang sedang berada dalam kesempitan (ekonomi), Allah akan memudahkan kehidupannya di dunia dan akhirat, Allah selalu menolong hamba-Nya selagi dia mau menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Tidak ada sekelompok orang yang duduk di dalam masjid sambil membaca dan tadarrus Al-Qur'an, kecuali mereka dikelilingi para malaikat serta diberi ketenangan jiwa dan rahmat. Allah swt menyebut-nyebut nama mereka di hadapan para malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang malas beramal, ia akan terlambat masuk ke surga." (HR. Muslim)

Allahu A'lam Bish-Showab. ^_^
=========================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar